Bukan PSBB, Kabupaten Wonosobo Terapkan Pengendalian Moda Transportasi Cegah Covid-19

Didik Dono Hartono · Jumat, 08 Mei 2020 - 10:45:00 WIB
Bukan PSBB, Kabupaten Wonosobo Terapkan Pengendalian Moda Transportasi Cegah Covid-19
Petugas menanyakan identitas dan melakukan pengecekan pada semua pengemudi dan penumpang kendaraan yang akan masuk dan keluar Wonosobo

WONOSOBO, iNews.id - Jika beberapa daerah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) untuk mencegah penyebaran Covid-19, Kabupaten Wonosobo memilih Pengendalian Moda Transportasi (Daltrans). Aturan ini efektif dilaksanakan mulai tanggal 8 Mei hingga 31 Mei 2020.

Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Kepolisian, dan TNI Wonosobo, menjaga sejumlah titik yang menjadi akses utama keluar masuk Kabupaten Wonosobo. Salah satunya di Desa Reco, Kecamatan Kertek, Wonosobo. Dalam dua hari uji coba pada hari Selasa (5/5/2020), petugas telah menolak ratusan kendaraan yang akan keluar dan masuk Wonosobo.

Petugas melakukan pengecekan kesehatan dan identitas pada para pengemudi serta penumpang kendaraan yang melintasi jalur tersebut. Selain itu, petugas juga menanyakan riwayat perjalanan. Surat jalan akan diberikan agar kendaraan bisa meneruskan ke tempat tujuan, namun tidak akan diberikan jika tujuannya tidak jelas.

Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan Wonosobo (Kadisperkimhub), Bagyo Sarastono mengatakan, pihaknya telah menghalau kendaraan, dan meminta untuk putar balik, pada ratusan kendaraan yang dianggap tidak jelas tujuannya.

“Alasan dihalau, pertama mereka hanya main-main seperti touring, kemudian tidak jelas mau ke mana tujuannya, kemudian juga tidak membawa keterangan jelas. Trus kemudian diindikasikan PDP yang jalan-jalan dari luar kabupaten,” ujar Bagyo Sarastono, Selasa (5/5/2020).

Kabupaten Wonosobo telah dinyatakan sebagai zona merah Covid-19. Para pasien tersebar di tiga rumah sakit berbeda di Kabupaten Wonosobo.


Editor : Dewi Mustika