Harga Telur Terus Merosot, Peternak Ayam Petelur di Boyolali Mulai Gulung Tikar

Tata Rahmanta · Rabu, 13 Oktober 2021 - 09:30:00 WIB
Harga Telur Terus Merosot, Peternak Ayam Petelur di Boyolali Mulai Gulung Tikar
Aktivitas peternak ayam petelur membersihkan kandang-kandang yang kosong di Boyolali. (iNews/Tata Rahmanta)

BOYOLALI, iNews.id - Sejumlah peternak ayam petelur di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mulai gulung tikar. Mereka terdampak harga telur ayam yang terus merosot.

Kandang dibiarkan kosong karena sebagian ayam sudah dikurangi populasinya. Langkah tersebut dianggap paling tepat untuk meringankan beban kerugian yang lebih besar. Bahkan pemerintah desa tidak bisa berbuat banyak untuk membantu para peternak.

Dari pantauan, kondisi kandang ayam milik peternak ayam petelur di lereng Gunung Merapi atau tepatnya di Desa Sukorejo Musuk Boyolali sudah sebulan  terakhir dalam kondisi kosong.

Peternak sengaja mengosongkan sebagian kandang miliknya karena populasi ayamnya telah dikurangi. Hal tersebut dilakukan untuk menekan kerugian yang lebih besar.

Para peternak ayam petelur mengaku bahwa saat ini harga telur masih rendah di kisaran 14.500 per kilogram. Sedangkan harga pakan sangat tinggi di kisaran Rp315.000 per 50 kilogramnya.

Berbagai upaya telah dilakukan para peternak untuk menekan kerugian yang lebih besar. Namun cara yang paling efektif hanya dengan mengurangi populasi.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: