Hendak Disuntik Vaksin, Sejumlah Warga Binaan Rutan Salatiga Takut dan Gemetar

Angga Rosa · Rabu, 28 Juli 2021 - 12:08:00 WIB
Hendak Disuntik Vaksin, Sejumlah Warga Binaan Rutan Salatiga Takut dan Gemetar
Warga binaan Rutan Salatiga, Ayaman asal Medan dipegangi petugas saat hendak disuntik vaksin lantaran takut disuntik, Rabu (28/7/2021). (Foto/Angga Rosa)

SALATIGA, iNews.id - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Salatiga menggelar vaksinasi Covid-19 dengan sasaran warga binaan, Rabu (28/7/2021). Dalam proses vaksinasi, ternyata ada sejumlah warga binaan yang takut dan badannya gemetar saat hendak disuntik vaksin.

Meski demikian, mereka berhasil divaksin setelah dipegangi oleh petugas Rutan. Seperti yang dialami warga binaan bernama Ayaman asal Medan, Sumatera Utara. 

Badan lelaki itu, gemetar saat petugas medis hendak menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis satu di lengan kirinya. Karena gemetar, petugas medis tidak bisa menyuntikan vaksin. Akhirnya, meminta tolong Humas Rutan Salatiga Nuryadi untuk memeganginya.

"Rileks saja. Jangan lihat jarum suntikannya. Hadap ke kanan biar tidak melihat," kata Nuryadi sembari memegangi pundak Ayawan agar bisa divaksin. 

Setelah badan Ayaman tidak gemetar, petugas medis langsung menyuntikan vaksin di lengan kirinya. "Setidaknya ada empat warga binaan yang takut disuntik. Namun mereka bisa divaksin semua setelah dipegangi petugas," ujar Nuryadi.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Salatiga Andri Lesmano mengatakan, vaksinasi Covid-19 dengan sasaran warga binaan ini terselenggara atas kerja sama dengan Kodam IV Diponegoro. Vaksinasi Covid-19 ini, penting dilakukan mengingat jumlah warga binaan Rutan Salatiga melebihi kapasitas. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: