Hujan Abu Gunung Merapi Guyur 11 Desa di Boyolali dan Magelang

Antara ยท Minggu, 08 Agustus 2021 - 13:47:00 WIB
Hujan Abu Gunung Merapi Guyur 11 Desa di Boyolali dan Magelang
Hujan abu tipis Merapi mengguyur 11 desa di Kabupaten Boyolali dan Magelang. (foto: Antara)

BOYOLALI, iNews.id Erupsi Gunung Merapi berdampak terjadinya hujan abu tipis di sebelas desa di Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (8/8/2021). Empat desa yang terkena hujan abu tipis di wilayah Selo Boyolali, yakni Tlogolele, Klakah, Lencoh, dan Jrakah.

Sedangkan tujuh desa di Kecamatan Dukun dan Sawangan, Kabupaten Magelang  meliputi Desa Kapuhan, Gantang, Jati dan Krogowanan, Desa Sengi, Paten, dan Krinjing.

Kepala Desa Jrakah Tumar mengatakan, hujan abu tipis yang terjadi di Desa Jrakah, Kecamatan Selo hingga 11.00 WIB, masih berlangsung. Namun hujan abu tersebut mempengaruhi warga untuk melakukan aktivitas. 

Menurutnya, hujan abu tipis mengguyur tanaman sayuran, tembakau, jalan, dan genteng rumah, sejak Minggu sekitar pukul 05.30 WIB hingga siang, terlihat warna berubah menjadi putih tipis.

Namun, warga di desa tetap beraktivitas seperti biasa. Petani tetap pergi menggarap ladangnya dan yang bekerja lainnya tetap berjalan seperti biasa.

Hal senada dikatakan Kepala Desa Klakah Marwoto, hujan tipis juga terjadi di Desa Klakah atau yang terletak di sebelah barat puncak Gunung Merapi. Namun, warga tetap beraktivitas seperti biasa, kondisi tetap aman dan terkendali.

"Warga tetap tenang, aktivitas ke ladang seperti biasa. Karena, terjadi hujan abu hanya tipis tidak mempengaruhi aktivitas warga," kata Marwoto.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: