Kasus Covid-19 Melonjak, UNS Tidak Mau Ambil Risiko Gelar Kuliah Tatap Muka

Ary Wahyu Wibowo ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 22:45:00 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak, UNS Tidak Mau Ambil Risiko Gelar Kuliah Tatap Muka
Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo nampak dari depan. Foto: dok.

SOLO, iNews.id – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tidak mau ambil risiko menggelar perkuliahan tatap muka (PTM) di tengah situasi kasus Covid-19 yang tengah meningkat. Apabila menggelar PTM, nantinya mempertimbangkan dengan matang prinsip bersyarat dan bertahap.

“Bersyarat artinya mahasiswa berkenan mengikuti PTM, orang tua memberikan izin, jumlah penambahan kasus positif Covid-19 melandai, dan mendapatkan izin dari Satgas Covid-19 Kota Surakarta. Sedangkan bertahap artinya mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti PTM dibagi per angkatan,” kata Rektor UNS Solo Profesor Jamal Wiwoho, Rabu (21/7/2021). 

Dengan penambahan kasus Covid-19 yang terus melonjak, pihaknya tidak mau mengambil risiko untuk mengikutsertakan mahasiswa baru dalam kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) yang rencananya digelar 13 Agustus 2021. 

"Kalau ganjil (mulai kegiatan perkuliahan) di Agustus. Jadi, penerimaan mahasiswa kira-kira tanggal 13 Agustus. Kalau keadaan seperti ini, tidak berani luring. Tetap daring seperti tahun lalu," katanya. 

Apabila jadi menggelar PTM, UNS akan mempertimbangkan dengan matang prinsip bersyarat dan bertahap. Dalam hal ini, jumlah mahasiswa per ruangan dibatasi hanya 20-25 saja, mata kuliah yang diajarkan dalam sehari hanya dua, dan per mata kuliah durasinya 100 menit.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2