Kirab Replika Tandu Jenderal Soedirman Terbanyak di Purbalingga Tumbangkan Rekor MURI

Antara ยท Rabu, 31 Agustus 2022 - 22:20:00 WIB
Kirab Replika Tandu Jenderal Soedirman Terbanyak di Purbalingga Tumbangkan Rekor MURI
Iring-iringan peserta Kirab Replika Tandu Jenderal Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Rabu (31/8/2022) sore. (ANTARA/Sumarwoto).

PURBALINGGA, iNews.id - Kirab Replika Tandu Jenderal Soedirman Terbanyak yang digelar di Kabupaten Purbalingga berhasil menumbangkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Kegiatan tersebut tercatat sebagai rekor ke-10.525.

Senior Manager MURI, Sri Widayati mengatakan, kegiatan bukan pertama kali bagi Kabupaten Purbalingga dalam mencatatkan prestasinya di MURI.

"Setidaknya sudah ada 33 rekor yang sudah kami catat di MURI dari Kabupaten Purbalingga, salah satunya adalah Napak Tilas dengan Mengusung Tandu (replika tandu Jenderal Soedirman). Terbanyak 260 tandu oleh 1.040 peserta yang dilaksanakan pada 25 Januari 2017," kata Sri Widayati, Rabu (31/8/2022). 

Dalam kurun waktu 5 tahun, ternyata belum ada yang mampu melampaui Kirab Replika Tandu Jenderal Soedirman. Rekor tersebut akhirnya berhasil ditumbangkan melalui kegiatan Kirab Replika Tandu Jenderal Soedirman Terbanyak karena tercatat sebanyak 300 tandu yang dibawa oleh 5.202 peserta.

"Saya yakin kegiatan ini tujuannya bukan semata-mata untuk rekor MURI, namun lebih untuk membangun kecintaan dan kebanggaan warga Kabupaten Purbalingga akan suri teladan, jejak langkah, dan nilai-nilai kepahlawanan yang diwariskan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang dilahirkan di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga," kata Widayati.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan kegiatan tersebut diabadikan dalam MURI dan tercatat sebagai rekor ke-10.525.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: