Kisah Sukses Pelajar SMK di Pati Rintis Usaha Ternak Ayam hingga Raup Jutaan Rupiah

Agus Atha Suharto ยท Minggu, 29 Agustus 2021 - 12:49:00 WIB
 Kisah Sukses Pelajar SMK di Pati Rintis Usaha Ternak Ayam hingga Raup Jutaan Rupiah
Bintang, pelajar kelas 3 SMK saat memberi pakan kepada ayam-ayam yang diperliharanya. Bintang sukses meraup jutaan rupiah dari hasil usaha ternak ayam petelur. (iNews/Atha Suharto)

PATI, iNews.id – Bintang, pelajar kelas 3 SMK Tunas Harapan Pati memanfaatkan waktu luang di sela belang daring dengan merintis usaha ternak ayam petelur.  Hasilnya dia berhasil meraup jutaan rupiah setiap bulannya.

Hebatnya,  hasil ternak ayam tersebut dia pergunakan untuk membayar biaya sekolah dan pengembangan ternaknya.  Meski sudah bisa menghasilkan uang sendiri, namun warga Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati ini tetap berprinsip pendidikan tetap nomor satu.

Bintang setiap pagi dan sore hari menjalani aktivitas rutin dengan senang hati. Mencampur pakan untuk ayam petelurnya dilakukannya sendiri.

Semenjak pandemi Covid-19 dia lebih punya banyak waktu luang di rumah, karena harus belajar dalam jaringan (daring).  Banyaknya waktu luang usai belajar daring, membuatnya berpikir bagaimana tetap kreatif menghasilkan uang. Beternak ayam petelur adalah salah satu yang dipilih untuk mengisi kesibukannya.

Sebelum pandemi Covid-19,  bintang sudah mencoba beternak ayam petelur dalam jumlah kecil. Sehingga ketika pandemi Covid-19, dia dibantu modal oleh orang tuanya untuk mengembangkan ternak ayam petelur tersebut. Kini total ayam petelurnya ada sebanyak 250 ekor.

Aktivitas yang dilakukannya ini tidak mengganggu kegiatan belajar daring. Bintang juga punya prinsip bahwa pendidikan tetap harus nomor satu, walaupun sudah bisa menghasilkan uang sendiri.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: