Lolos Penyekatan di Jakarta dan Brebes, Mobil Pikap Angkut Pemudik Diadang di Demak

Sukmawijaya ยท Senin, 03 Mei 2021 - 15:18:00 WIB
Lolos Penyekatan di Jakarta dan Brebes, Mobil Pikap Angkut Pemudik Diadang di Demak
Polisi melakukan pemeriksaan terhadap pikap yang mengangkut pemudik dari Tangsel menuju Sampang Madura, di Jalan Lingkar Demak, Senin (3/5/2021). (iNews/Sukmawijaya)

DEMAK, iNews.id –Petugas gabungan melakukan razia travel gelap di jalur pantura kawasan Jalan Lingkar Kabupaten Demak, Senin (3/5/2021). Dalam razia itu, petugas menilang pikap penuh dengan penumpang yang akan mudik dari Tangerang Selatan menuju Sampang Madura.

Kendaraan bernomor polisi B 9448 WAG ternyata berisi 9 orang dewasa dan 2 balita. Mereka berdesakan duduk di bak pikap yang dilapisi terpal penutup agar terhindar dari terik matahari maupun hujan.

Mustofa, sopir pikap mengaku bersama saudaranya akan mudik ke Sampang berangkat dari Tangerang Selatan sekitar pukul 9 malam. Lantaran tidak ada penyekatan dari Jakarta dan Brebes, sehingga dia berhasil melintas di kawasan Demak.

“Saya mudik lebih awal karena tanggal 6 Mei kan sudah nggak boleh mudik. Dari Tangsel ke Sampang (Madura),” kata Mustofa.

Karena pick up untuk mengangkut penumpang, petugas pun menilang Mustofa. Selain itu, petugas juga menyarankan dia segera mengikuti tes swab Covid-19 setelah tiba di kota tujuan.

“Kegiatan operasi terhadap adanya dugaan travel gelap dari luar wilayah Jawa Tengah yang akan masuk ke Jawa Tengah atau pun ke wilayah Jawa Timur,” kata Kasat Lantas Polres Demak, AKP Fandy Setiawan.

“Untuk itu  kami lakukan operasi dan hari ini kami lakukan penilangan kendaraan yang bukan diperuntukkan mengangkut masyarakat atau penumpang,” katanya. 

Sebelum dilepas, petugas menempelkan stiker peringatan larangan mudik di pintu sopir pikap. Stiker tersebut sebagai penanda bahwa kendaraan ini sudah dihentikan lantaran melanggar himbauan larangan mudik.  

Razia travel gelap yang digelar polres bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Demak menyusul adanya dugaan penyalagunaan kendaran pribadi untuk angkutan travel.

Beberapa kendaran bernomor polisi asal Jakarta sempat dihentikan petugas untuk diperiksa. Selain pemeriksaan surat berkendara, petugas juga memeriksa KTP satu per satu penumpang untuk dimintai keterangan.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: