Mengaku Perwira TNI, Buruh Asal Klaten Perdaya 4 Orang Janda

Trisna Purwoko ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 14:57 WIB
Mengaku Perwira TNI, Buruh Asal Klaten Perdaya 4 Orang Janda
Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Riko Sanjaya (kiri) memegang barang bukti seragam TNI palsu (Foto: iNews.id/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id - Mengaku sebagai seorang perwira TNI dengan pangkat kapten, Sukamdi (45) buruh asal Prambanan, Klaten, Jawa Tengah (Jateng) diamankan Polres Bantul. Bermodal dokumen palsu, Sukamdi menipu sedikitnya empat orang janda.

Dalam penyamarannya, pria berusia 45 tahun itu mengaku memiliki tiga nama yakni Andi Saputro, Agung Setiawan dan Angga Setiawan. Tidak tanggung-tanggung, dari aksinya, Sukamdi mendapat uang puluhan juta rupiah. Beberapa korban, bahkan dijanjikan akan dinikahi dan dibuatkan kartu persatuan istri tentara (Persit).

BACA JUGA: Gaji Rp360 Juta Tak Dibayarkan, TKI Asal Blora Ini Minta Bantuan Pemerintah

"Karena dijanjikan akan dinikahi, tersangka meminta uang. Oleh korban setiap alasan apapun diberikan uang. Sehingga uang yang sudah diserahkan korban kurang lebih Rp36 juta," kata Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Riko Sanjaya, Selasa (21/1/2020).

Polisi sebelumnya mendapat laporan dari korban (HB), seorang wiraswasta yang tinggal di Sewon Bantul. Riko menjelaskan, dari handphone pelaku terdeteksi ada empat korban.

"Korban dari penyelidikan kami dari handphone pelaku ada empat dalam rayuannya pelaku," ujarnya.

BACA JUGA: Sakit karena Keguguran, Ratu Keraton Agung Sejagat Minta Penangguhan Penahanan

Dari hasil pemeriksaan, Sukamdi merupakan residivis dalam kasus yang sama di tahun 2017 di wilayah Polres Sleman Yogyakarta. Dia sudah menjalani hukuman dua tahun penjara.

Sejumlah barang bukti berupa seragam TNI dengan pangkat kapten lengkap dengan baret warna hijau dan identitas anggota tni serta kartu persit palsu disita. Selanjutnya tersangka dibawa oleh personel gabungan TNI-Polri ke Mapolres Bantul.


Editor : Nani Suherni