Pakar IT Ungkap Sejumlah Kelemahan Sistem Tilang Elektronik, Apa Saja?

Taufik Budi ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 10:48:00 WIB
Pakar IT Ungkap Sejumlah Kelemahan Sistem Tilang Elektronik, Apa Saja?
ilustrasi pemberlakuan ETLE. (Dok)

Sebelumnya, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudy Syafiruddin, mengatakan, terdapat 27 titik yang sudah terpasang kamera untuk penindakan ETLE. Di antaranya, 6 titik di Polres Surakarta, 1 di Polres Kebumen, 2 di Polres Cilacap, 1 Polres Wonogiri, 1 Polres Karanganyar, 2 Polres Klaten, 2 Polres Pati, 1 Polres Kudus,1 Polres Demak, 1 Polres Purbalingga.

“Jadi e-tilang ini akan kita launching tanggal 17 Maret sebanyak 27 titik, itu tahap pertama. Tahap kedua nanti akan kita launching di April mungkin sekitar 50 titik. Tapi untuk yang April masih menggunakan kamera portable, di mana keseluruhan pengguna jalan nanti yang akan melakukan kegiatan kurang terpuji yaitu melakukan pelanggaran, akan terekam, terfoto oleh kamera-kamera ETLE yang sudah kita pasang,” kata Dirlantas.

“Ini membuat masyarakat dengan sendirinya menjadi pintar. Dia harus pintar terhadap dirinya sendiri, dia harus bagaimana melakukan rangkaian kegiatan perjalanan, mengatur ritme administrasi dia sendiri sehingga tanpa disadari kita memberikan pembelajaran terhadap masyarakat menjadi orang yang pintar,” katanya.

“Sebetulnya ETLE ini di kita sudah terpasang sejak tiga tahun lalu, tapi tidak bisa dilakukan. Karena memang regulasi belum ada. Sekarang kita lakukan seluruhnya, kami bekerjasama dengan Dispenda dan Dinas Perhubungan,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni