Quraish Shihab: Ramadan, Ladang Kebajikan

Kastolani ยท Rabu, 29 Mei 2019 - 04:05:00 WIB
Quraish Shihab: Ramadan, Ladang Kebajikan
Pakar tafsir Profesor Quraish Shihab. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Bulan Ramadan diibaratkan sebagai tanah yang subur. Apa pun yang Anda tabur akan tumbuh subur, kendati Anda tidak menaburi lahan dengan pupuk atau benih yang Anda tanam kurang berkualitas. Karena suburnya, kendati Anda tidak menabur lahan itu pun akan dipenuhi oleh alang-alang.

Ada juga yang mengibaratkan bulan suci itu sebagai bulan sale (obral) yang supermarket-nya terdapat di mana-mana serta terbuka sepanjang saat, menawarkan aneka komoditas dengan harga yang sangat sangat murah.

Ahli tafsir Quraish Shihab mengatakan, yang dibutuhkan untuk meraihnya hanya melangkah satu-dua langkah. Bahkan menampakkan keinginan pun walau tidak melangkah dapat mengundang pemilik supermarket mengirimkan sekian banyak hadiah untuk merangsang Anda melangkah ke sana.

"Dalam bahasa agama, keinginan tersebut dinamai niat yang tulus untuk berbuat kebajikan,” kata ahli tafsir Quraish Shihab dikutip dari laman quraishshihab.com, Selasa (28/5/2019).

Menurut Quraish Shihab, banyak alternatif kebajikan yang dapat dilakukan di bulan suci ini. Anda tidak perlu terlalu sedih jika salah satu yang diinginkan tidak dapat Anda lakukan karena satu dan lain hal.

Namun, kata Quraish Shihab, kendati banyak lapangan kebajikan, mengamalkan apa yang disukai Allah dan memilih prioritas amalan adalah sesuatu yang sangat dianjurkan, walau ini bukan berarti hanya berkonsentrasi penuh dalam amalan tersebut.

Dalam berinteraksi dengan Allah, walaupun semua menguntungkan, tidak ada istilah high atau low risk, selama memenuhi kriteria yang ditetapkan-Nya, namun bisa jadi ada situasi yang menjadikan jenis amalan tertentu lebih menguntungkan saat ini ketimbang saat lain. “Di sinilah diperlukan kearifan dan perlombaan untuk saling mendahului,” ucap mantan menteri agama itu.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2