Sekaten Digelar Bulan Apa? Ini Tanggal dan Penjelasannya

Sintia Putri Balqis ยท Kamis, 29 September 2022 - 19:56:00 WIB
Sekaten Digelar Bulan Apa? Ini Tanggal dan Penjelasannya
Gamelan milik Keraton Kasunanan Surakarta saat ditabuh di halaman Masjid Agung, sekaligus mengawali tradisi Sekaten di Kota Solo. Foto: iNews.id/Ary Wahyu Wibowo.

JAKARTA, iNews.idSekaten digelar bulan apa? Sekaten adalah upacara tradisional yang diselenggarakan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW

Selain sebagai upacara tradisional yang dilakukan secara turun temurun, terdapat pula banyak hiburan untuk masyarakat. Lantas, seperti apa Upacara Sekaten dan kapan upacara ini berlangsung?

Sekaten digelar bulan apa dan bagaimana upacara sekaten? 

Sekaten dilaksanakan secara berkala setiap satu tahun sekali. Dalam penentuan perayaan sekaten, kalender yang digunakan yaitu kalender Jawa atau yang biasa disebut juga dengan Mulud. 

Acara ini digelar pada 5 sampai 12 Rabiul Awal. Pada penyelenggaraan upacara sekaten, biasanya diadakan pasar malam dan acara-acara meriah seperti kesenian gamelan, lalu acara ini ditutup dengan menyelenggarakan upacara Grebeg Mulud. Upacara sekaten dijadikan sarana untuk menyebarkan agama Islam melalui kesenian gamelan. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: