Sosok Rycko Amelza, Lulusan Terbaik Akpol 1988 yang Jabat Kabaintelkam

Nani Suherni ยท Jumat, 01 Mei 2020 - 13:41 WIB
Sosok Rycko Amelza, Lulusan Terbaik Akpol 1988 yang Jabat Kabaintelkam
Kepala Polda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dipromosikan menjadi Kabaintelkam Polri (Foto: Dok Humas Polda Jateng)

SEMARANG, iNews.id - Baru menjabat setahun sebagai Kepala Polda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel kini dipromosikan sebagai Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Pria kelahiran 14 Agustus 1966 ini sebelumnya telah mengantongi sejumlah jabatan penting di kepolisian.

Dirangkum dari berbagai sumber, dari awal pendidikannya Rycko sudah mencatat prestasi sebagai lulusan terbaik Akpol 1988. Bertugas pertama kali di Polres Metro Jakarta Pusat sebagai Kepala Unit Kejahatan dengan Kekerasan, dia kemudian dipindahkan sebagai instruktur di Akademi Kepolisian Semarang di tahun 1992.

Karirnya mulai cemerlang saat dia ditugaskan kembali ke ibu kota sebagai Wakasat Ekonomi Polda Metro Jaya. Tahun 2002 dia mengikuti pendidikan Sespimpol dan lulus dengan predikat terbaik untuk penulisan naskah strategis.

Dia juga termasuk polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Bareskrim yang melumpuhkan teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Kota Batu, Malang, Jawa Timur pada 9 November 2005. Saat itu Rycko mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Pol Sutanto bersama dengan para kompatriotnya, Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, serta Idham Azis.

Usai kasus Dr Azahari, dia bertugas sebagai Kapolresta Sukabumi. Namun, selang dua tahun Rycko kembali ke Jakarta dengan jabatan Kapolres Metro Jakarta Pusat. Dia semakin dikenal setelah menjadi ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009-2012.

Beberapa jabatan kepala polisi sempat dia rasakan, salah satunya Wakapolda Jawa Barat ditahun 2013 dan Kapolda Sumatra Utara di tahun 2017. Di 26 April 2019, dia dipercaya sebagai Kapolda Jateng. Genap satu tahun, Rycko mendapat promosi menjadi perwira tinggi bintang tiga, sebagai Kabaintelkam Polri. Rycko menggantikan Komjen Agung Budi Maryoto yang mendapat tugas baru sebagai Irwasum (Inspektur Pengawasan Umum) Polri.

Mutasi tersebut tertera dalam Telegram Kapolri Nomor ST/1377/V/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020 yang ditandatangani Wakil Kepala Polri Komjen Eddy Pramono.


Editor : Nani Suherni