Tercemar Limbah Pabrik Lebih 3 Tahun, Warga Pekalongan Hanya Bisa Mengeluh

Suryono Sukarno · Kamis, 24 Juni 2021 - 17:29:00 WIB
Tercemar Limbah Pabrik Lebih 3 Tahun, Warga Pekalongan Hanya Bisa Mengeluh
Limbah pabrik tekstil mencemari permukiman warga di Desa Watusalam Kecamatan Buaran Pekalongan. (iNews/Suryono Sukarno)

PEKALONGAN, iNews.id - Ratusan rumah warga terdampak limbah pabrik tekstil di Desa Watusalam Kecamatan Buaran Pekalongan. Rumah mereka setiap hari tertimpa abu sisa pembakaran batu bara

Asap hitam dari cerobong pabrik mengeluarkan abu berbentuk debu dan pasir mencemari rumah warga. “ Seluruh ruangan rumah mulai dari ruang tamu, kamar tidur, ruang makan selalu dipenuhi debu limbah batu bara, berbentuk debu dan pasir hitam. Kami harus selalu membersihkan rumah dan sering terkena sakit batuk juga flu diduga karena sisa limbah  tersebut,” kata Sukron salah satu warga terdampak limbah pabrik ini, Kamis (24/6/2021).

Warga mengeluhkan hal ini sudah berlangsung cukup lama lebih dari tiga tahun, dan semakin parah setelah lebaran tahun ini . Hal ini setelah pabrik membangun fasilitas baru dan cerobong baru lebih besar.

“Pabrik memang sudah lama berdiri dan sejak awal kami sudah meminta agar masalah limbah benar- benar diperhatikan namun ternyata tidak ada perbaikan mengenai limbah. Warga sudah beberapa kali bertemu dengan perusahaan dan mengadukan ke pemerintah desa juga pemerintah kabupaten bahkan ke DPR D namun sampai sekarang belum ada tindakan tegas ,” kata Fauzy, Ketua RT di lokasi terdekat dengan pabrik ini.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: