Banyumas Jatuh ke Tangan Belanda pada Agresi Militer Pertama, Begini Sejarahnya

iNews.id · Senin, 16 Agustus 2021 - 04:57:00 WIB
Banyumas Jatuh ke Tangan Belanda pada Agresi Militer Pertama, Begini Sejarahnya
Ilustrasi Kabupaten Banyumas. (Foto : iNews.id).

BANYUMAS, iNews.id - Bangsa Indonesia telah merdeka pada 17 Agustus 1945, tapi Belanda sejak awal tidak pernah mengakui kemerdekaan Indonesia dan lahirnya negara Republik Indonesia yang merdeka sepenuhnya. Belanda datang ke Indonesia dengan membonceng pasukan sekutunya Inggris 2 September 1945 menggunakan kapal Cumberland dan mendarat di Tanjung Priok.

Namun saat pasukan sekutu kembali pulang, Belanda malah tetap berada di Indonesia dan membangun kekuatannya di Jawa. Menyadari keadaan semakin genting menghadapi kekuatan Belanda, maka seluruh angkatan perang bersatu membentuk Tentara Republik Indonesai (TRI) untuk menghadapi Belanda.

Dalam buku Banyumas Membara Era Tahun 1945-1950 seperti dikutip purwokerto.inews.id, daerah Banyumas memiliki kekuatan personel dan  persenjataan yang cukup lengkap serta baik.

Saat itu tengah kosong karena sebagian besar pasukan sedang bertugas di daerah Jawa Barat, Priangan Timur yang dipimpin oleh Lektol Moch. Bahroen (Dan Men 16). Pasukan ini baru kembali ke Banyumas setelah diberi izin Panglima Divisi Siliwangi.

Saat itu Belanda telah melanggar Perjanjian Linggarjati yang ditandatangani Belanda dan RI pada 5 November 1946, yang berisi pengakuan secara de facto atas RI untuk Jawa dan Sumatera. 

Belanda mengerahkan kekuatan militernya dari Bandung ke Cirebon yang dipimpin oleh Kolonel Jantje Maiyer, untuk merobek daerah Banyumas untuk kemudian mencapai Ibu Kota RI di Yogyakarta. 

Setelah beberapa kota berhasil dikuasai Belanda, termasuk pelabuhan Tegal. Belanda terus melaju ke daerah Bumiayu yang merupakan pintu masuk menuju Banyumas. 

Di Kota Bumiayu, pasukan Batalyon Brotosiswojo dan pasukan bersenjata lainnya membuat halang rintang untuk menghambat laju tentara Belanda menuju Kota Purwokerto.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: