Kisah Perjuangan Gadis Cantik Jago Bela Diri Asal Sukoharjo Bertarung Melawan Stroke

Ahmad Antoni ยท Minggu, 31 Januari 2021 - 09:25:00 WIB
Kisah Perjuangan Gadis Cantik Jago Bela Diri Asal Sukoharjo Bertarung Melawan Stroke
Arvianti Firda Aini Raharjo saat berlatih berjalan di dalam rumahnya, Ngadijayan Rt 2 Rw 5, Desa Ngadirejo, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (30/1/2021). Firda memperlihatkan piala dan medali. (MNC Portal Indonesia/Ahmad Antoni)

SUKOHARJO, iNews.id – Harus semangat, jangan putus asa dan harus yakin bisa. Kalimat itu terlontar dari mulut Arvianti Firda Aini Raharjo (18), seorang atlet taekwondo asal Sukoharjo, Jawa Tengah, yang sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit stroke yang telah dideritanya selama 7 tahun ini.

Ya, gadis cantik yang akrab disapa Firda itu telah menderita stroke sejak tahun 2014. Ketika itu, ia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII (kelas 1).

Namun vonis penyakit stroke membuat gadis berjilbab itu terpaksa tak bisa melanjutkan sekolah secara normal. Itu karena kondisi fisiknya yang tak memungkinkan untuk melakukan aktivitas normal.  Namun, ia tetap menjalani aktivitas belajar dengan mengikuti homeschooling Kak Seto.

Bagaimana tidak, Firda harus kehilangan separuh kekuatan anggota tubuh di bagian kanan. Tangan dan kaki kanannya tak bisa digerakkan.

“Sakit yang diderita Firda saat dia berada di kelas 1 mau naik kelas 2 SMP Negeri di Kartasura (Sukoharjo) pada tahun 2014. Ia sempat koma selama 2 bulan,” kata   Ayah Firda, Margono Budi Raharjo (51)  saat ditemui MNC Portal Indonesia di rumah Ngadijayan Rt 2 Rw 5, Desa Ngadirejo, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (30/1/2021).

Editor : Ahmad Antoni