Kisruh Sengketa Lahan Kelenteng di Blora, Yayasan Budhi Dharma Ajukan Gugatan ke Pengadilan

Heri Purnomo · Jumat, 15 Oktober 2021 - 16:52:00 WIB
Kisruh Sengketa Lahan Kelenteng di Blora, Yayasan Budhi Dharma Ajukan Gugatan ke Pengadilan
okasi Kelenteng Hok Tik Bio di Kabupaten Blora yang kini kembali diungkap kasus sengketa lahannya. (iNews/Heri Purnomo)

BLORA, iNews.id - Yayasan Budhi Dharma kembali mengungkit sengketa lahan Kelenteng Hok Tik Bio di Kabupaten Blora. Kelenteng Hok Tik Bio yang sudah lama vakum sejak tahun 2019. 

Vakumnya sengketa lahan itu terjadi saat Pemilihan Bupati di Kabupaten Blora. Kini setelah ganti pemerintahan baru sengketa lahan itu kembali digulirkan oleh Yayasan Budhi Dharma. Pihak Yayasan Budi Dharma siap mengajukan kasus ini ke Pengadilan Negeri (PN) Blora.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Budi Dharma, Yulius Sukarno mengatakan jika pihaknya masih berupaya untuk mendapatkan hak atas sebagian kepemilikan lahan Klenteng Hok Tik Bio dari yayasan TITD. 

"Ini kan tanah negara. Kita sudah tempati ratusan tahun. Padahal kita hanya minta 500 meter dari total lahan 12.000 meter. Padahal secara hukum sebenarnya kita punya hak separuh atas tanah itu," kata Yulius usai mengadukan permasalahan ini ke Polres Blora untuk meminta mediasi dengan Yayasan TIID, Jumat (15/10).

Pihaknya berharap Polres Blora bisa membantu permasalahan ini dengan memediasi kedua belah pihak. Mengingat beberapa kali mediasi yang pernah dilakukan berujung kegagalan. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: