Menikmati Wedang Bledek Nyonya Itur, Rasanya Nendang di Mulut hingga Hangatkan Badan

Puji Hartono ยท Jumat, 26 November 2021 - 08:22:00 WIB
Menikmati Wedang Bledek Nyonya Itur, Rasanya Nendang di Mulut hingga Hangatkan Badan
Wedang Bledek Nyonya Itur di Magelang ini rasanya nendang di mulut hingga tenggorokan dan menghangatkan badan. (iNews/Puji Hartono)

MAGELANG, iNews.id – Menu hangat dan menyehatkan di saat musim penghujan saat ini menjadi buruan para pecinta kuliner. Terlebih saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Di Magelang, Jawa Tengah, seorang warga membuat dan menjual minuman herbal yang dinamakan wedang bledek (minuman petir). Minuman ini terbuat dari perpaduan cabe pedas dan bahan empon-empon, dari jahe, kunyit, jeruk nipis, sere.

Rasanya hangat, segar dan pedas nendang di mulut hingga tenggorokan serta bisa menjadi penghangat badan. Tentu juga menjadi penambah imun tubuh di masa pandemi Covid-19.

Wedang Bledek ini bisa dinikmati di kediaman Nyonya Itur Yuliastik (47) di lingkungan Santan Wonokromo, Desa Sumberejo, Kecamatan Mertoyudan. Hampir setiap hari warga silih berganti datang ataupun membeli secara onlie wedang bledek tersebut .

Itur Yuliastik mengungkapkan, awal ide pembuatan minuman ini berawal dari pandemi Covid-19 dimana warga memburu berbagai rempah rempah untuk imun tubuh. Atas dasar tersebut dirinya berinovasi dengan menanam dan meramu bahan bahan herbal organik di kebunnya.

“Alasan memberi nama minuman bledek lantaran rasa saat di minum rasa wedang bledek nendang serasa beldek alias pedas hangat dan segar,” kata Itur, Kamis (25/11/2021).

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: