Pasar Hewan di Klaten Kembali Dibuka, Suasana Masih Sepi Dagangan

Antara ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 15:17:00 WIB
Pasar Hewan di Klaten Kembali Dibuka, Suasana Masih Sepi Dagangan
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Klaten meninjau Pasar Hewan Jatinom, Rabu (29/6/2022). Foto: ANTARA/Aris Wasita.

KLATEN, iNews.id - Sejumlah pasar hewan di Kabupaten Klaten masih sepi dagangan setelah dibuka Kembali pada hari pertama, Rabu (29/6/2022). Pedagang masih khawatir terkait penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).  

"Kondisi di hari pertama ini masih sepi, nggak ada sapi, adanya blantik (pedagang sapi)," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Klaten Widiyanti, Rabu (29/6/2022). 

Ia memperkirakan, kondisi tidak lepas karena pedagang maupun blantik mengetahui kondisi PMK, sehingga mereka memilih untuk melakukan transaksi dari orang ke orang.

"Jadi mereka tidak membawa hewan ternaknya ke sini. Ini tadi di Prambanan (Pasar Hewan Prambanan) juga, di sana sapinya hanya sekitar 20 ekor. Dibandingkan hari biasa nggak sampai 10 persen, biasanya sampai 300-400 ekor," katanya.

Sedangkan di Pasar Jatinom biasanya sapi yang didatangkan bisa mencapai 500 ekor sapi.

"Mudah-mudahan ini jadi kesadaran bersama. Saat PMK kan sapi tidak boleh berkumpul, sangat rawan. Kalau ada salah satu yang sakit namun tidak menunjukkan gejala klinis kan kami tidak tahu. Kalau di dalam tubuh ada virus bisa berbahaya, tetap terjadi penyebaran," katanya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: